Tuesday 23 June 2009

Meningkatkan Page Rank

Cara paling mudah untuk meningkatkan page rank adalah dengan meniru kesuksesan dari peraih tingkat pertama dan membuatnya kembali dengan lebih baik. Bagimana caranya? Silahkan menyimak :

Tentukan target!

Gunakan Google dan mari kita mulai mencari target operasi. Oh iya, terlebih dahulu anda membutuhkan browser yang memiliki Google Toolbar. Hal ini penting karena di dalam Google Toolbar anda akan dapat mengetahui page rank dari website tersebut. Anda bisa mendownloadnya di http://toolbar.google.com.

Selanjutnya silahkan buka Google. Lalu masukkan kata kunci yang akan kita perjuangkan. Misalnya kita telah memilih kata "webmaster tutorial". Nah, anda lihat website apa yang meraih peringkat teratas. Anggap saja peringkat teratas saat ini adalah http://www.webmaster-tutorial.net. Nah, sekarang kita telah menentukan target operasi kita yaitu website webmaster-tutorial.net. Saya ndak tahu apakah www.webmaster-tutorial.net benar-benar ada atau ndak, karena ini cuma karangan. Kalo kebetulan sama, maaf aja deh.. hehehe... Selanjutnya webmaster-tutorial.net kita jadikan target operasi kita.

Selanjutnya anda bisa langsung melakukan penawaran pertukaran link ke webmaster webmaster-tutorial.net, sehingga anda akan lebih mudah nantinya. Namun, cara ini belum tentu berhasil. Tapi jangan khawatir, kita punya banyak rencana cadangan.

Temukan Kelemahannya

Masih ingat pelajaran tentang SEO untuk faktor internal? Ya, cobalah menganalisa halaman webmaster-tutorial.net dengan melihat source codenya. Apakah mereka menggunakan kata webmaster dan tutorial pada bagian-bagian berikut:

  • Tag Header
  • Tag Title
  • Kata-kata yang ditebali, miring atau digaris bawahi
  • Atribut ALT pada gambar
  • Bagian awal dan akhir halaman

Bila semua telah digunakan, maka anda perlu waspada dan bekerja keras untuk membuatnya sesuai dengan milik webmaster-tutorial.net. Namun, jika ternyata ada "lubang"-nya maka itulah keunggulan anda. Pastikan anda menggunakannya dan tentu saja yang sudah ada jangan dihilangkan.

Temukan Link Pendukung

webmaster-tutorial.net mampu meraih posisi teratas tentu bukan kebetulan, mereka pasti mendapat banyak link dari website lain. Sekarang kita perlu mengetahui website-website yang melakukan link ke webmaster-tutorial.net. Caranya ketikkan kode berikut di Google : link:webmaster- tutorial.net. Dalam sekejap website-website yang memasang link ke webmaster-tutorial.net akan muncul. Kita lihat berapa website yang melakukan link ke webmaster-tutorial.net.

Sekarang anda perlu mengunjungi website tersebut satu per satu. dan lihatlah toolbar google anda. Jika mereka memiliki page rank lebih dari 4 maka itulah target utama kita dan usahakan menemukan link contact webmaster atau pemiliknya. Cobalah untuk melakukan pertukaran link dengan mereka. Namun terlebih dahulu anda harus menempatkan link website mereka di website anda sehingga mereka akan dengan senang hati pula untuk menempatkan link website anda.

Daftarkan ke Direktori

Biasanya direktori memiliki page rank yang cukup tinggi, berusahalah untuk mendaftarkan website kesana. Tapi ingat, biasanya direktori paling tak suka dengan website redirect, jadi kamu harus memberikan url asli websitemu. Usahakan pula websitemu telah selesai alias tak ada broken link. Karena ini akan menjadi pertimbangan besar untuk menolak websitemu. Banyak sekali direktori di Internet namun, cobalah untuk memilih dan memprioritaskan pada direktori yang memiliki page rank tinggi. Bila masih ada waktu, barulah ke direktori yang kecil page ranknya.

Ada beberapa direktori yang memiliki page rank cukup tinggi yaitu Yahoo! dan DMOZ. Bila anda telah terdaftar di direktori Yahoo, maka itu adalah prestasi tersendiri dan akan menentukan sekali posisi anda di search engine.

Mulai sekarang fokuslah terus pada website-website yang se-visi dengan websitemu dan mencobalah terus untuk dapat melakukan pertukaran link dengan pemilik website-website tersebut. Semakin banyak kamu mendapatkan link yang mengarah ke websitemu, maka semakin tinggi pula peringkatmu di search engine

Komentar :

ada 0 comments ke “Meningkatkan Page Rank”

Post a Comment

Recent Comments