Tuesday 23 June 2009

Keterangan Situs (META)

Kita dapat menempatkan keterangan-keterangan umum soal situs kita di antara tag <HEAD> dan </HEAD>. Keterangan-keterangan tersebut di deklarasikan dengan menggunakan tag <META>. Tag-tag keterangan pada meta ini nantinya bakalan di baca oleh Search Engine bila kita mendaftarkan situs kita pada Database mereka.


Oke, sekarang kita lihat informasi apa aja yang bisa kita masukkan :

&ltHTML>
&ltHEAD>
&ltMETA NAME="Author" Value="Lutvi Avandi">
&ltMETA NAME="KeyWords" Value="belajar,komputer,gratis">
&ltMETA NAME="Description" Value="Belajar Komputer Gratis !
Cara baru pintar komputer tanpa biaya">
&ltTITLE>Belajar Komputer GRATIS</TITLE>
</HEAD>
&ltBODY>
</BODY>
</HTML>

Pertama kita jelasin siapa pembuat situs ini (Author). Pada script diatas adalah Lutvi Avandi.

Lalu KeyWords yaitu kata kunci. Jadi kalo ada seseorang yang menggunakan Search Engine lalu mengetikkan kata-kata yang kita masukkan diatas, maka link ke situs kita bakalan ditampilkan di Search Engine tersebut.

Discription adalah info singkat seputar web site kita.

Perlu diingat, bahwa tak semua Search Engine membaca META Tag kita. Terkadang mereka mengambil paragraph pertama website kita, karena itu usahakan awal-awal paragraph yang kita buat menceritakan website kita.

TITLE digunakan untuk menamai halaman web site dan nanti text Title ini bakalan ditempatkan di pojok kiri atas browser.

Namun perlu diingat, bahwa informasi pada Meta Tag ini, bukanlah segala-galanya. Karena Search Engine saat ini tak hanya memperhatikan informasi dari Meta Tag. Kebanyaknya search engine justru mengambil informasi dari tag TITLE, H1..H4, Kata-kata yang di bold dan juga link-link yang ada.

Meskipun begitu, hendaknya kita tetap perlu untuk memuat Meta tag ini, karena website-website directory, atau beberapa search engine yang masih menggunakan metode lama akan membutuhkannya.

Komentar :

ada 0 comments ke “Keterangan Situs (META)”

Post a Comment

Recent Comments