Tuesday 23 June 2009

Membuat formulir

Formulir dalam HTML sangat diperlukan untuk memasukkan data ke dalam database. Tapi yang jadi masalah, HTML nggak bisa menangani database. Untuk menangani database kamoe bisa menggunakan script ASP, PHP ataupun CGI tapi gue saranin 'tuk menggunakan PHP karena paling mudah and nggak rumit-rumit amat.


Trus, knapa pembuatan formulir ini diajarin di kelas HTML ?? Sebab, yang bisa bikin Formulir cuman HTML doang. Kalo PHP nggak bisa. PHP hanya bisa menampilkan tag-tag HTML aja... jadi tag form ini murni milik HTML..hehehe...

Sebelum bikin formulir kita musti ngasih tahu dulu ke browser kalo bakal ada formulir di website kita, gunain aja tag berikut :

<FORM ACTION="file_tujuan" METHOD="post|get">
...
</FORM>

file_tujuan adalah alamat file tempat memproses file. Bila kamoe anggota Geocities (http://www.geocities.com) maka kamoe dapat mengisi ACTION dengan "/cgi-bin/homestead/mail.pl?member_name" ini adalah alamat tempat memproses form dari website anda, dan hasilnya akan dikirim ke email anda di yahoo!. Ganti member_name dengan nama member pada geocities atau Yahoo! anda. dan inget ! pilih post sebagai METHOD - nya.

Selanjutnya tinggal memasukkan perangkat masukkan dari pengunjung website kita yang akan dijelaskan di pelajaran-pelajaran yang ada di bawah ini .. Selamat Belajar Terus!!

Komentar :

ada 0 comments ke “Membuat formulir”

Post a Comment

Recent Comments